Minggu, 02 Agustus 2015

7 Prinsip Membuat Konten Posting Menarik di Sosmed yang Wajib Diketahui Pebisnis

http://fullmarketingnyc.com/
Hadirnya sosmed (social media) diharapkan menjadi udara segar marketing era digital. Logo Facebook, Twitter, dan Instagram, 3 sosmed tak jarang jadi embel-embel media promosi produk. Alasan terbesar dari survey awal saya sangat sederhana, karena mereka berpikir gratisan.

Yang jadi masalah adalah, bagaimana meramaikan akun/ page kita? Kedua, bagaimana membangun responsiveness follower terhadap postingan kita? Ketiga, bagaimana menggerakkan mereka membeli produk kita, atau setidaknya membangun brand awareness? Karena setiap saat ada sekian puluh atau ratus posting baru memenuhi wall dan menenggelamkan postingan  kita. Tentunya, tiap sosmed memiliki keunikan. Namun diantara keunikan tersebut, saya mencoba melihat sebuah pola kesamaan prinsip komunikasi. Kali ini, saya akan berbagi 7 prinsip dasar bagaimana membuat posting menarik di sosmed.

1.     Keunikan
Posting yang unik akan membedakan dengan posting Anda dengan posting lain. Unik tidak hanya tentang produk, tapi pemilihan topik, tulisan, dan pemilihan gambar/ video. Manusia selalu mengalami kejenuhan saat berhadapan dengan rutinitas, sesuatu yang mainstream. Menjadi antimainstream, menciptakan keunikan akan menjadi solusi yang baik.

2.     Komposisi
Sejujurnya, kita semua membangun persepsi konten dari tampilan. Gambar adalah tampilan yang paling mudah diserap oleh mata. Jangan meremehkan kekuatan gambar. Pengambilan foto, editing gambar yang asal-asalan tidak akan cukup menarik perhatian pengunjung. Pelajari aturan-aturan fotografi dan komposisi warna-tata letak dengan baik.

3.     Kesamaan
Dalam psikologi dikenal teori matching atau teknik membangun kesamaan. Faktanya, orang yang sedang kita hadapi akan merasa lebih nyaman ketika kita punya kesamaan sesuatu dengannya. Kesamaan hobi, usia, keadaan ekonomi, masalah, atau impian akan merekatkan 2 orang saling asing yang bertemu. Selalu pastikan ada unsur kesamaan di dalam postingan Anda terhadap segmen yang Anda tuju.

4.     Kesukaan
Wajar, kita akan meng-klik sesuatu yang kita suka. Dengan memahami perilaku dan kesukaan segmen yang Anda tuju, maka peluang partisipasi mereka akan lebih tinggi. Saya mengamati perilaku facebooker yang meng-unfriend kawan-kawan mereka karena postingan yang tidak mereka sukai. Unfriend adalah penolakan atau bias perceraian. Sulit berharap kembali menjadi friend. Jangan pernah memposting sesuatu yang segmen Anda benci atau mereka akan meninggalkan Anda.

5.     Keaslian
Kadang banyak bohong justru menciptakan keuntungan. Bisa jadi, tapi yang pasti ketika kebohongan terkuak, habis sudah nama Anda. Tidak ada orang yang suka dibohongi. Jujur, menjadi diri sendiri apa adanya akan mendorong terciptanya trust sebagai keuntungan jangka panjang. Pilahlah dengan cermat dan bijaksana apa yang baik dan tidak baik untuk bahan posting.

6.     Kebermaknaan
Apa yang menggerakkan Anda  mengunjungi OLX atau Tokopedia? Tentu karena ada sesuatu yang Anda cari. Manusia hidup dalam pencarian. Mengetahui apa yang sedang dicari segmen Anda akan menciptakan kebermaknaan. Menyediakan apa yang mereka cari akan menciptakan keuntungan. Tampilan posting-posting yang mengandung kebermaknaan, nilai, solusi, atau inspirasi.

7.     Keberlanjutan
Poin ini cukup sulit dilakukan. Selain memerlukan konsistensi dan ketekunan untuk merawat, mengupdate akun sosmed, Anda perlu memastikan postingan Anda mendapat respon sesuai harapan, seperti like, komen, atau share dan berapa target responsiveness-nya. Contohnya, membuat pertanyaan, meminta saran, atau statement “Like kalo kamu setuju, Share kalo kamu peduli”.

Demikian sharing saya tentang 7 Prinsip Membuat Konten Posting Menarik di Sosmed. Tentunya ada banyak cara membuat page/ postingan Anda menarik dan ramai, seperti membuat berita provokatif kontroversif dan sejumlah trik lain. Tips ini hanya bersifat melengkapi dan semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar