Senin, 17 Juni 2019

5 Cara Inovatif Menarik Calon Pekerja Terbaik

pic: ali
Persaingan bisnis tidak hanya tentang produk dan layanan, namun juga perebutan calon-calon tenaga kerja (talent) terbaik. Telah diyakini bahwa human capital adalah senjata utama bagi eksistensi dan keberhasilan bisnis. Manusia adalah perancang sekaligus pelaku.

Tak jarang, rekan-rekan HRD berbincang dan mengeluhkan sulitnya mencari bakat-bakat terbaik. Bursa tenaga kerja menjadi red ocean, semua bertarung menunjukkan kesan, jenjang karir, dan tawaran insentif terbaik. Ada yang berhasil, namun juga baynak yang gagal. Tawaran pekerjaan tidak cukup dilakukan malalui even-even job fair saja.

Menjelajahi literatur dan mengamati praktik, masih banyak cara yang dapat diupayakan oleh perusahaan untuk menarik calon-calon pekerja terbaik. Berikut 5 cara yang efektif:

1. Internship
Cara yang sudah banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar. Memberi peluang mahasiswa untuk melakukan kerja praktik atau magang beberapa bulan. Program demikian memudahkan pihak manajemen untuk lebih dekat serta memberi penilaian terhadap kemampuan "calon karyawan"nya. Di sisi lain, magang memberi kesempatan bagi bakat-bakat terbaik untuk melihat secara langsung bagaimana kondisi perusahaan Anda. Melihat secara live dapur operasional dan aktivitas keseharian. Sehingga proses saling penyesuaian dan mencari kecocokan akan terjadi secara alami. 

2. Komunikasikan visi dan value 
Lakukan kampanye tentang visi dan value yang dimiliki perusahaan Anda. Selain menggunakan media promosi (ads) dan pemberitaan konvensional, bentuklah tim sukses semacam duta value perusahaan, tim yang terdiri dari karyawan-karyawan terbaik dan memiliki masa (follower/ friend) yang cukup banyak di komunitas maupun media sosial online. Para duta yang memiliki kebiasaan menyampaikan kabar-kabar baik tentang perusahaan secara alami dan jujur. Dengan sendirinya, visi dan value perusahaan Anda akan menyebar secara viral. Peliharalah mereka yang aktif di media sosial. 

3. Tawarkan lebih dari gaji
Gaji adalah mutlak dan semua perusahaan jelas akan memperhitungkan, disesuaikan dengan hak dan kewajiban. Perlu aspek lebih tinggi dari sekedar insentif. Sudah menjadi sifat dasar, manusia membutuhkan otonomi, pengakuan dan aktualisasi diri. Pekerjaan-pekerjaan yang menawarkan peluang pengembangan diri seperti jenjang karir yang jelas dan adil, waktu bekerja-keluarga yang lebih seimbang, kompetisi yang sehat, serta fleksibilitas atau otoritas metode kerja dalam penyelesaian tugas akan menjadi daya tarik lebih bagi generasi masa kini.

4. Proses rekrutmen yang supersimple
Seberapa cepat perusahaan Anda memproses sebuah lamaran pekerjaan? 1 minggu? Terlalu lama! 20 tahun lalu, mungkin calon pekerja masih bisa sabar menanti berbulan-bulan, walau tak pasti. Jangan lupa, saat ini kita di tengah zaman informasi tanpa batas yang bergerak begitu cepat. Setiap saat, calon pekerja mampu membuka situs-situs jobstreet di seluruh dunia. Setiap saat Anda akan memiliki peluang mendapat calon terbaik, namun juga peluang untuk kehilangan mereka. Sederhakan dan percepat proses rekrutmen Anda atau memang Anda selalu ikhlas kehilangan yang terbaik. Paling lama, dalam tempo 24 jam, Anda sudah mulai merespon, memberi informasi kelanjutan.

5. Program kerja sama dengan universitas
Saat ini, calon pegawai masih didominasi oleh tingkat sarjana. Kembangkan berbagai skenario kerja sama dengan universitas. Penyelenggaraan kompetisi studi kasus merupakan salah satu skema yang mulai banyak dikembangkan. Pihak perusahaan melempar sebuah kasus untuk diselesaikan dengan reward tertentu atau dengan kepastian kontrak kerja. Hal ini jelas memudahkan perusahaan untuk melihat bakat-bakat terbaik. Selain itu, kerja sama seperti pengadaan seminar gratis dari perusahaan ke kampus-kampus sambil mencari insight tentang mahasiswa sekaligus mempromosikan visi dan value perusahaan sejak dini.


Semoga bermanfaat!

1 komentar:

  1. Assalamualaikum...
    Salam kenal. Saat ini, bisnis jualan produk digital semakin menjamur.

    Itu adalah peluang besar bagi siapapun yang ingin meraup penghasilan jutaan rupiah dari bisnis digital.

    Kami tim Autopostbisnis menawarkan Waralaba Bisnis PLR.

    Apa itu Waralaba Bisnis PLR?
    Silahkan kunjungi salespage kami
    https://autopostbisnis.com/waralaba-toko-plr

    Waralaba kami sudah masuk ke marketplace Ratakan.

    Tujuan kami membangun sistem Waralaba Bisnis PLR adalah untuk membantu teman-teman dalam menjalankan bisnis PLR.

    Terimakasih,
    Salam Sukses
    https://autopostbisnis.com

    BalasHapus